Sunday, January 23, 2022

Bauran Pemasaran

STRATEGI BAURAN PEMASARAN 

    Dalam mencapai target pemasaran diperlukan adanya aspek-aspek dalam pemasaran (marketing mix) yakni dikenal empat bauran marketing yaitu; produk, harga, promosi, dan tempat.  Bauran pemasaran dapat diartikan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasaran dipasar sasarannya. 

    Elemen dari Strategi Pemasaran 4P 

1. Product (produk)

    Produk adalah jantung dari bauran pemasaran. Semua aktivitas pemasaran dimulai dengan produk. Produk juga merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan dipasar dan dapat memenuhi kebutuhan. 

2. Price (harga)

    Pengertian harga merupakan sejumlah nilai (dalam mata uang) yang harus dibayar konsumen untuk membeli atau menikmati barang atau jasa yang ditawarkan. Ini adalah komponen penghasil pendapatan yang penting bagi perusahaan.

3. Promotion (promosi)

    Promosi merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawrkan perusahaan yang bersangkutan.

4. Place (tempat)

    Pemilihan lokasi yang tepat berarti mendapatkan lokasi yang memungkinkan paling banyak efek positifnya bagi organisasi dan menghindari sebanyak mungkin efek negatif yang mungkin timbul.                

    Semakin cepat produk mencapai titik penjualan, semakin besar kemungkinannya untuk memuaskan pelanggan dan meningkatkan loyalitas merek. Karenanya, faktor Tempat sangat penting dalam memastikan daya saing produk Anda di pasar.    


No comments:

Post a Comment

Dampak Krusial Media Sosial Terhadap Degradasi Moral    Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini menjadi salah satu alat pemic...