Tuesday, January 25, 2022

event marketing

 STRATEGI EVENT MARKETING 


Apa itu event marketing?

    Menurut Belch Belch (2012) Event Marketing adalah merupakan jenis promosi dimana perusahaan atau merek dikaitkan dengan suatu acara atau kegiatan yang memiliki tema dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman bagi konsumen dan promosi sebuah produk atau jasa.”

Tujuan event marketing 

    Tujuan paling utama dari dilakukannya event marketing adalah untuk meningkatkan permintaan produk atau jasa. Seluruh strategi pemasaran akan bertumpu pada tujuan akhir tersebut. Tapi, event marketing mampu membuat tujuan akhir ini menjadi lebih membekas dan intim pada para konsumen.

Contoh event marketing

    1. Seminar

Seminar atau yang sering disebut webinar jika diselenggarakan secara daring adalah acara yang berfokus pada pendidikan dan dihadiri oleh sekelompok orang. Seminar berlangsung tidak lebih dari satu hari dan dalam acara tersebut biasanya menampilkan presentasi yang dibawakan oleh pembicara serta difasilitasi oleh moderator. 

2. Workshop atau lokakarya

Lokakarya mirip dengan seminar karena memiliki fokus untuk berbagi pengetahuan kepada peserta. Lokakarya dapat diselenggarakan secara daring maupun langsung. Meskipun tidak selalu bersifat promosi, topik lokakarya biasanya disesuaikan dengan bisnis yang dijalani agar tetap relevan dan membuat perusahaan tampak lebih kredibel di bidangnya.

3. Konferensi

Konferensi adalah acara besar yang biasanya diselenggarakan oleh satu perusahaan besar dan disponsori oleh bisnis-bisnis lain yang lebih kecil. Acara ini biasanya menawarkan agenda yang dinamis, dapat diisi dengan pembicara, mengadakan lokakarya, maupun berbagai peluang jejaring yang bermanfaat bagi perusahaan B2B dan B2C.

4. Peluncuran perdana

Acara peresmian atau perayaan kerap dilakukan oleh perusahaan dalam rangka pengenalan produk baru atau sekadar merayakan kesuksesan atau pencapaian tertentu. Beberapa perusahaan rutin mengadakan pesta tahunan untuk menjamu dan menghibur pelanggan atau klien. 

5. Trade show atau pameran

Pameran dagang atau eksposisi adalah acara besar yang diselenggarakan untuk bidang industri atau jenis produk tertentu. Pameran barang hasil industri memberi perusahaan kesempatan berharga untuk mempertunjukkan produk dan layanan mereka. Acara seperti ini juga biasanya menghasilkan prospek yang signifikan dan berkualitas tinggi bagi perusahaan.

6. Pop-up shop atau bazar

Pop-up shop atau biasa juga disebut bazar adalah ruang berjualan sementara yang diberikan kepada perusahaan untuk menjual produk mereka di lingkungan tertentu. Hampir sama dengan acara pameran, kegiatan ini bersifat sementara dan hanya diselenggarakan dalam jangka waktu beberapa hari. Acara seperti ini juga memungkinkan bagi brand digital untuk menjangkau target audiens mereka melalui toko fisik yang dapat diakses oleh pelanggan.

 

No comments:

Post a Comment

Dampak Krusial Media Sosial Terhadap Degradasi Moral    Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini menjadi salah satu alat pemic...