Friday, March 4, 2022

Tantangan dalam Pemasaran Internasional


Munculnya beragam tantangan pemasaran internasional merupakan salah satu efek dari pemasaran internasional itu sendiri, yang melibatkan aneka ragam karakteristik pasar konsumen dan persaingan di dalamnya. Meskipun tantangan ini selalu mengintai setiap perusahaan, namun masih banyak pebisnis yang tidak menyadari bagaimana kondisi asing dalam proses pemasaran internasional.

Mayoritas pebisnis masih terlalu terfokus pada cara berpromosi dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari pemasaran internasional, sehingga, tidak sedikit yang lupa menjelajahi situasi pasar asing yang sesungguhnya.

Apalagi, menyadari aneka tantangan yang tengah menghadang di depan mereka. Padahal, jika tantangan pemasaran internasional ini tidak diantisipasi, maka keberlangsungan perusahaan anda akan terancam.

Lalu, apa sajakah tantangan-tantangan yang sering muncul dalam pemasaran internasional? Adapun sejumlah tantangan yang sering dihadapi dalam kegiatan pemasaran internasional adalah sebagai berikut:

Kompetisi

Tantangan pertama yang harus dihadapi oleh pemasaran internasional adalah kompetisi bisnis yang berskala internasional. Semisal Anda melakukan ekspansi pemasaran ke Australia. Sebagai seorang pendatang baru, Anda tentunya akan dihadapkan dengan masalah kompetitor yang lumayan berat, mengingat di Australia sendiri sudah ada banyak sekali bisnis yang berkembang.

Belum lagi kompetitor-kompetitor dari negara lain yang juga mengembangkan usahanya di negara tersebut. Bayangkan saja betapa banyaknya kompetitor yang harus anda hadapi ketika melaksanakan pemasaran berskala internasional ini!

Jika anda tidak mampu tampil dan berkompetisi secara inovatif, maka sudah dapat dipastikan bahwa usaha anda akan tenggelam dikalahkan oleh perusahaan-perusahaan lokal ataupun perusahaan internasional lain yang lebih unggul dibandingkan anda.

Hambatan Hukum

Masalah kedua dari perkembangan pemasaran internasional adalah adanya hambatan hukum dari negara Anda ataupun dari negara tujuan. Setiap negara tentunya mempunyai regulasi hukum yang berbeda-beda, termasuk aturan-aturan hukum tentang berbisnis.

Jangan sampai Anda sudah mempersiapkan segala kebutuhan untuk ekspansi pemasaran internasional, namun usaha Anda seketika gagal total lantaran Anda dan tim tidak memahami aturan-aturan hukum tentang bisnis yang berlaku di negara tujuan.

Andaikata Anda ingin melakukan pemasaran bisnis di negara A, karena negara A memiliki prospek pasar yang pas dengan produk dan layanan dari perusahaan Anda. Sayangnya, Anda belum tentu bisa melakukan pemasaran di negara A tersebut karena adanya hambatan-hambatan hukum yang berlaku di sana.

Semisal, sistem perizinan untuk melakukan pemasaran internasional yang rumit serta memakan banyak biaya. Jika situasinya seperti ini, bukankah Anda akan mempertimbangkan dua kali sebelum melakukan ekspansi pemasaran ke negara A?

Sebaiknya, Anda melakukan ekspansi bisnis ke negara yang jauh lebih mudah untuk dijangkau terlebih dahulu. Jangan memaksakan diri untuk mengembangkan bisnis di negara yang aturan hukumnya terlalu ketat atau mempersulit perkembangan perusahaan.

Anda juga bisa memilih untuk berbisnis di negara-negara yang terkenal baik dari hubungan politik dan kerjasama bisnisnya. Semisal untuk Anda yang memiliki bisnis di Indonesia, Anda bisa mengembangkan usaha internasional di negara tetangga Thailand, Singapura dan Malaysia.

No comments:

Post a Comment

Dampak Krusial Media Sosial Terhadap Degradasi Moral    Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini menjadi salah satu alat pemic...