Friday, March 4, 2022

Pemasaran Internasional: Contoh

 CONTOH PEMASARAN INTERNASIONAL






Seperti apakah contoh-contoh dari pemasaran internasional? Sesungguhnya ada banyak sekali contoh pemasaran internasional yang dapat kita temui, bahkan dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia.

Indonesia sendiri merupakan sebuah negara dengan potensi perkembangan bisnis yang sangat pesat. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan jika ada banyak sekali investor asing yang memilih untuk mengembangkan usahanya di Indonesia.

Kita pun selaku masyarakat dapat mencoba aneka jenis produk internasional di samping produk-produk buatan lokal berkat adanya pemasaran internasional ini. Lalu apa sajakah contoh pemasaran internasional yang berkembang di Indonesia?

Jika Anda sedang mencari inspirasi tentang cara memasarkan perusahaan Anda dengan sukses di arena internasional, maka kami sudah menyiapkan jawabannya. Berikut ini adalah contoh-contoh pemasaran internasional yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan dan brand ternama:

McDonald’s

Siapa yang tidak mengetahui perusahaan fast food ternama McDonald’s? Ketika perusahaan McDonald’s masuk di India, mereka lantas melakukan penelitian ekstensif sebelum memusatkan perhatian pada menu yang ditawarkan untuk konsumen India. Seluruh menu McDonald’s India akhirnya dibuat khusus sesuai selera konsumen India agar perusahaan ini mampu bertahan dan eksis di negara tersebut.

Perusahaan McDonald yang berkembang di India terjebak pada 40% penawaran Vegetarian Murni, tidak seperti pasar luar negeri lainnya. McDonald’s juga memastikan untuk menghormati budaya India dengan tidak menyajikan resep daging sapi atau babi, yang di sisi lain, merupakan bahan populer di pasar lain seperti Amerika Serikat, Eropa, Indonesia, dan seterusnya.

Perusahaan McDonald’s juga selalu memastikan untuk membuat resep dengan rempah-rempah khas India agar rasa makanan yang dijual sesuai dengan selera lokal.

Meskipun McDonald’s tetap konsisten dengan brandingnya, McDonald’s mencoba untuk membawa beberapa rasa lokal ke item menu tertentu milik mereka. McDonald’s memiliki McArabia di Timur Tengah dengan menu khas adalah roti lapis. Ia juga memperkenalkan Prancis makaroni dan termasuk McSpaghetti di Filipina.

Di Meksiko, McDonald’s memiliki cheeseburger cabai hijau, sementara di Korea Selatan, mereka memiliki burger bulgogi. Kemudian di Indonesia sendiri, perusahaan McDonald’s menawarkan menu makanan yang sesuai dengan cita rasa khas Indonesia. Seperti menyediakan nasi putih yang terkenal sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, menu nasi uduk dan bubur ayam, hingga sambal ulek khas buatan rumah di tanah air.

Airbnb

Pemasaran internasional juga dilakukan oleh perusahaan Airbnb. Perusahaan Airbnb adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang bisnis travel.

Perusahaan ini mencari orang-orang yang perlu memesan ataupun mendaftar layanan akomodasi di seluruh dunia. Secara umum, ini adalah pasar komunitas yang memiliki lebih dari satu juta daftar akomodasi di lebih dari 34.000 kota di dunia. Fantastis!

Airbnb menjadi sangat sukses secara global karena media sosial. Pada 2015, Airbnb memulai kampanye media sosial menggunakan tagar #onelessstranger. Eksperimen sosial ini membuat Airbnb meminta komunitasnya untuk melakukan keramahtamahan acak bagi orang-orang yang tidak mereka kenal dan mengambil foto atau video dengan mereka dan berbagi dengan memanfaatkan tagar.

Hanya dalam 3 minggu setelah kampanye diluncurkan, lebih dari 3 juta orang membuat konten, terlibat, atau berbicara tentang kampanye Airbnb ini.

Coca-Cola

Berbeda dengan dua perusahaan sebelumnya, perusahaan minuman Coca-Cola memiliki pendekatan dan strategi pemasaran internasional yang unik dan lebih terfokus pada kontribusi sosial.

Meskipun Coca-Cola adalah perusahaan besar, Coca-Cola juga berkonsentrasi pada program-program di komunitas kecil dan menanamkan banyak dana serta waktu untuk membantu badan amal kecil.

Contohnya, Coco-Cola membangun 650 instalasi air bersih di Beni, Suef di Mesir dan mensponsori makanan (Ramadhan) untuk anak-anak di Timur Tengah. Selain itu, branding dari perusahaan Coca-Cola ini seringkali mengusung tema dan konsep bernuansa kebahagiaan serta keceriaan masyarakat.

Taktik promosi dan pemasaran internasional seperti ini pun seringkali disambut baik oleh masyarakat internasional. Sebab, masyarakat seluruh dunia cenderung lebih menghargai perusahaan besar yang mau turun berkontribusi membantu rakyat kecil, dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan yang selalu terfokus untuk menjual produk ke masyarakat. Jadi, Anda bisa mencoba strategi menunjukkan empati dan kepedulian kepada masyarakat di negara tujuan, agar brand produk Anda bisa diterima dengan lebih baik.

Domino Pizza

Perusahaan Domino Pizza pun turut terkenal di Indonesia. Inovasi menu diposisikan Domino di garis depan untuk meningkatkan kesadaran dan minat branding internasionalnya.

Perusahaan Domino Pizza memiliki item yang konsisten untuk bahan dasar pizza di semua pasarnya, seperti saus, roti, dan keju mereka. Jadi, setiap cabang Domino Pizza di seluruh dunia pasti akan memiliki kualitas roti saus dan keju yang sama baiknya.

Pihak Domino Pizza hanya memperbaharui topping untuk setiap negara. Semisal di kawasan negara Asia, Domino Pizza menawarkan topping berupa ikan laut. Varian ini mungkin tidak terdapat di negara lain selain Asia.

Di negara-negara Eropa atau Amerika misalnya, topping pizza lebih dipersonalisasikan dengan makanan kesukaan masyarakat setempat seperti daging sapi.

Dunkin Donuts

Tahukah Anda bahwa Dunkin Donuts China memiliki donat babi dan rumput laut kering? Dengan ribuan toko di lebih dari 30 negara di seluruh dunia, Dunkin Donuts memperbarui menu masing-masing cabang untuk memuaskan konsumen internasionalnya.

Di Lebanon, Dunkin Donuts memiliki Donat Cokelat Mangga. Di Korea Selatan, mereka memiliki Grapefruit Coolatta. Sementara di Rusia, mereka memiliki Dunclairs.

Metode pemasaran internasional dengan cara menyesuaikan makanan kesukaan masyarakat menjadi kunci utama kesuksesan dari perusahaan Dunkin Donat. Di Indonesia sendiri, menu-menu seperti donat babi dan rumput laut kering memang tidak tersaji, sebab masyarakat kita lebih menyukai menu donat yang manis seperti topping coklat, keju, susu dan selai.

H&M

H&M terkenal sebagai perusahaan ritel fashion terbaik seluruh dunia. Perusahaan H&M hampir selalu meningkatkan pembukaan toko sebesar 10 hingga 15 persen setiap tahunnya. Salah satu rahasia ekspansi global mereka adalah memaksimalkan pengalaman online para konsumen.

Jadi, setiap konsumen dari perusahaan H&M bisa melakukan perbelanjaan pakaian secara online ataupun offline.

Selain itu, produk-produk baju rilisan dari H&M ini seringkali desain sesuai dengan gaya atau tren berbusana di masyarakat negara tersebut. Semisal di perusahaan H&M Indonesia sendiri, Anda akan lebih sulit menemukan pakaian-pakaian yang bersifat terbuka, sebab masyarakat Indonesia mengusung adat budaya ketimuran dan mengedepankan tata cara berbusana yang sopan.

Innocent Drinks

Perusahaan smoothie terkemuka di Inggris, Innocent Drinks dapat ditemukan di 13 negara di seluruh Eropa. Bahkan dengan jangkauannya yang luas, mereka tetap mempertahankan branding yang konsisten. Sayangnya, perusahaan ini tidak berkembang sampai ke tanah Asia, termasuk Indonesia. Perusahaan Innocent Drinks lebih terfokus untuk berekspansi ke tanah Eropa.

Kentucky Fried Chicken

Kentucky Fried Chicken memiliki strategi pemasaran internasional yang cukup menarik. Di Jepang, pihak Kentucky Fried Chicken menyediakan produk dan penawaran khusus setiap momen Natal tiba.

Jadi, setiap Natal, masyarakat Jepang akan berbaris di KFC terdekat untuk mendapatkan ayam harga spesial.

Sedangkan di Indonesia, perusahaan Kentucky Fried Chicken akan menghadirkan menu-menu khusus pada momen-momen hari raya besar seperti hari raya Idul Fitri. Selama satu bulan penuh, Kentucky Fried Chicken Indonesia menghadirkan menu paket spesial untuk berbuka puasa dan dengan harga yang murah meriah. Jadi, seluruh masyarakat dapat membeli paket makanan dari Kentucky Fried Chicken.

Nike

Perusahaan sepatu dan olahraga Nike menggunakan strategi pemasaran internasional metode sponsor internasional dengan selektif.

Meskipun pengeluaran untuk sponsor sangat tidak dapat diprediksi, biaya permintaan produk pasca sponsorship biasanya meningkat tajam. Hal ini dikarenakan perusahaan Nike seringkali menjadi sponsor pada aneka turnamen dan kejuaraan.

Pun strategi ini sukses menarik perhatian arena olahraga berskala internasional. Untuk Anda yang mempunyai perusahaan di bidang olahraga, Anda bisa mencoba teknik dan strategi pemasaran internasional seperti Nike ini agar pemasaran antar negara yang perusahaan Anda lakukan dapat berjalan dengan baik.

Red Bull

Salah satu teknik pemasaran Internasional dari perusahaan Red Bull yang sukses adalah menjadi tuan rumah olahraga ekstrem di dunia. Perusahaan Red Bull memfasilitasi banyak sekali jenis olahraga ekstrem yang berbeda di berbagai belahan dunia.

Semisal Ren Bull Air Race di Inggris, Red Bull Soapbox Race di Jordan, dan Red Bull Indianapolis Grand Prix. Di Indonesia sendiri tampaknya masih belum ada cabang olahraga ekstrim dari perusahaan Red Bull, namun masih mungkin untuk ke depannya bagi Indonesia menjadi salah satu Mitra Red Bull untuk melaksanakan sebuah ajang olahraga ekstrem dan menarik seperti yang telah berlangsung di negara-negara lain.

Starbucks

Apakah Anda adalah salah seorang penyuka kopi? Jika iya, besar kemungkinan Anda pernah mencicipi kopi varian dari Starbucks. Atau minimal Anda pernah mendengar nama perusahaan Starbucks yang identik dengan logo berwarna hijau ini.

Starbucks adalah perusahaan minuman kopi yang telah mendunia, cabang dari Starbucks ada di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Salah satu tips sukses dari perusahaan Starbucks untuk memasarkan produknya secara global adalah dengan menyesuaikan menu-menu minumannya dengan selera lokal.

Semisal di Hong Kong, perusahaan Starbucks menyediakan menu Dragon Dumplings, atau di Amerika Serikat, Starbucks menyediakan menu khas musim gugur bernama Pumpkins Spice Latte.

Di Indonesia sendiri, varian kopi Starbucks lebih dipersonalisasi sehingga lebih sesuai dengan lidah masyarakat lokal. Perusahaan Starbucks inipun telah dikenal memiliki reputasi yang baik untuk keterlibatan budaya lokal di setiap cabang usahanya.

No comments:

Post a Comment

Dampak Krusial Media Sosial Terhadap Degradasi Moral    Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini menjadi salah satu alat pemic...