Tuesday, January 25, 2022

Segmentasi Pasar

 Segmentasi Pasar: Pengertian, Manfaat, dan Prosedur

    Pengertian

Segmentasi pasar merupakan dinamika yang terkait dengan bisnis/usaha. Suatu proses untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang lebih homogen, dimana tiap kelompok konsumen dapat dipillih sebagai target pasar untuk dicapai perusahaan melalui strategi bauran pemasarannya.

    Manfaat 

  • 1. Memfokuskan perusahaan pada kelompok pelanggan tertentu.
  • 2. Semakin memahami kebutuhan atau keinginan pelanggan.
  • 3. Peningkatan daya saing pasar.
  • 4. Perluasan jangkauan pasar.
  • 5. Menargetkan pelanggan melalui komunikasi yang spesifik.
  • 6. Mengidentifikasi strategi pemasaran yang lebih efektif.
  • 7. Mengefisienkan anggaran pemasaran.
  • 8. Mendatangkan lebih banyak prospek dari calon pelanggan.
  • 9. Peningkatan retensi pelanggan.
  • 10. Menjadi pembeda dari brand yang lain.


    Prosedur

1. Survey Stage

Prosedur pertama adalah melakukan eksplorasi yang dikenal dengan istilah Survey Stage. Bentuk survei-nya ditentukan perusahaan sendiri, baik dengan cara melakukan wawancara, tebar angket maupun meminta saran dan minat masyarakat.

Tujuan diterapkannya prosedur ini ialah supaya pihak perusahaan memiliki data awal terkait masyarakat yang ada di pasar tertentu. Termasuk informasi seputar motivasi dan sikap mereka terhadap satu produk. Jika data-data awal ini sudah didapatkan, maka langkah aplikasi segmentasi pasar bisa dilanjutkan dengan menerapkan prosedur yang kedua. Yaitu melakukan analisis Informasi.

2. Analysis Stage

Jika perusahaan sudah memiliki data-data awal terkait konsumen, maka informasi tersebut harus dianalisis terlebih dahulu yang dikenal dengan istilah Analysis Stage. Salah satu bidang analisis untuk segmentasi pasar adalah mencari tahu alasan-alasan munculnya sikap dan motivasi konsumen. Nantinya hasil analisis ini akan menjadi langkah awal pengelompokan sesuai dengan sikap, motivasi dan penyebab-penyebabnya yang sama.

3. Profiling Stage

Profiling Stage adalah prosedur segmentasi pasar yang mana perusahaan mulai mengidentifikasi beberapa kelompok konsumen. Patokannya adalah data survei di awal ditambah data-data hasil analisis konsumen.

Dari proses identifikasi ini akan muncul nama-nama kelompok konsumen yang akan dijadikan target penjualan. Nah, jika semuanya sudah lengkap baru produk dipasarkan kepada mereka sesuai dengan informasi yang sudah didapatkan.

No comments:

Post a Comment

Dampak Krusial Media Sosial Terhadap Degradasi Moral    Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini menjadi salah satu alat pemic...