SEGMENTING, TARGETING DAN POTITIONING DALAM STRATEGI PEMASARAN
Segmenting
Menurut Solomon dan Elnora (2003:221), segmentasi adalah ”The process of dividing a larger market into smaller pieces based on one or more meaningful, shared characteristic”. Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen. Selain itu perusahaan dapat melakukan program-program pemasaran yang terpisah untuk memenuhi kebutuhan khas masing-masing segmen. Ada beberapa kategori segmentasi pasar yang bisa kamu gunakan sebagai tolak ukur segmenting, yaitu:
Demografis, yang membagi target pasar berdasarkan usia, gender, ras, pendidikan, pekerjaan hingga agama dan kewarganegaraan.
Geografis, yang membagi pasar berdasarkan letak geografis, seperti negara, kota, provinsi, bahkan komplek perumahan.
Psikografis membagi segmen pasar berdasarkan sifat psikologis, misalnya gaya hidup, kepribadian, hobi, dan sebagainya.
Perilaku, yang membagi target pasar berdasarkan behavior atau perilaku saat melakukan pembelian, ketertarikan, tujuan pembelian produk, dan sebagainya.
Targeting
Dalam menentukan targeting, maka perlu dilakukan beberapa survey agar dapat mengetahui keadaan pasar nantinya sehingga proses pemasaran tidak salah sasaran. Target pasar dapat juga diartikan sebagai kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan.
Potitioning
Menurut Rhenal Kasali dalam buku berjudul Membidik Pasar Indonesia: Segmenting, Targeting, Positioning (2007), positioning adalah strategi komunikasi untuk memasuki jendela otak konsumen agar brand mengandung arti tertentu dan mencerminkan keunggulan terhadap produk serta merek dalam bentuk hubungan asosiatif. Positioning dilakukan sesuai dengan segmen pasar yang dipilih pada targeting. Representasi produk dalam positioning dilakukan sesuai dengan kebutuhan atau karakteristik segmen pasar. Sehingga calon konsumen dalam segmen pasar tersebut merasa terkait dengan produk perusahaan atau mereasa produk tersebut sesuai dengan kebutuhannya.
No comments:
Post a Comment