Komunikasi Kantor
Komunikasi merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kegiatan kantor, mengingat hakikat kantor sebagai kumpulan orang yang bersama-sama menyelenggarakan kegiatan kantor. Komunikasi adalah proses kegiatan penyampaian warta/berita/informasi yang mengandung arti dari satu pihak (seseorang/tempat), kepada pihak (seseorang atau tempat) lain, dalam usaha mendapatkan saling pengertian.
Kantor merupakan pusat pengelolaan keterangan, tempat para pejabat berkumpul untuk merundingkan segala sesuatu guna kepentingan kantor, tempat para pegawai menyelesaikan pekerjaan administrasi.
Seorang pemimpin kantor perlu dapat berkomunikasi secara efektif dengan semua pegawai kantor, baik secara horizontal maupun secara vertical atau secara diagonal.pengurusan informasi yakni penyampaian dan penerimaan berita, akan dapat berjalan baik bila dalam kantor itu terdapat komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif akan menciptakan iklim kerja kantor yang sehat yang terbuka. Hal ini sangat penting guna meningkatkan kreatifitas dan dedikasi para pegawai kantor.
Komunikasi kantor atau tata hubungan kantor ialah suatu penyampaian warta atau keterangan-keterangan yang mengandung arti dalam biang kegiatan kantor.
Komunikasi mempunyai tujuan tertentu yaitu pesan yang disampaikan oleh komunikator yang diharapkan dapat dimengerti atau dipahami oleh komunikan. Adapun tujuan dari komunikasi adalah sebagai berikut:
1. Perubahan sikap attitude change Suatu pesan disampaikan dengan tujuan agar komunikan atau orang lain mempunyai sikap tertentu. Untuk itu komunikator harus menyampaikan informasi sebenarnya dengan lengkap sehingga komunikan mengerti dan dapat menentukan sikap.
2. Perubahan pendapat opinion change Memahami pendapat seseorang bukanlah sesuatu yang sederhana. Banyak individu yang tidak dapat mengungkapkan pendapatnya sesuai dengan yang diinginkannya. Terutama menyangkut masyarakat luas. Dengan adanya pernyataan yang konsisten dari komunikator diharapkan adanya perubahan pendapat dari komunikan.
3. Perubahan perilaku behavior change Universitas Sumatera Utara Pesan hendaknya dapat menimbulkan perilaku seseorang atau sejumlah orang yang menuju sasaran komunikator.
4. Perubahan sosial social change Perubahan sosial yaitu menyangkut hubungan manusia sebagai makhluk sosial. Pesan memungkinkan seseorang bersikap dan bertindak sebagai anggota organisasi yang menyebabkan ia sadar akan fungsi sosialnya untuk aktif dalam organisasi dan menjadi bagian dari lingkungan masyarakat. Dalam melancarkan komunikasi perlu dihindari pengucapan dengan penyampaian kata-kata yang mengandung konotatif. Jika terpaksa harus kata-kata konotatif tersebut karena tidak ada perkataan lain yang tepat, maka kata yang mengandung pengertian konotatif tersebut perlu diberi penjelasan untuk mencegah timbulnya salah paham oleh penerima pesan.
No comments:
Post a Comment