Thursday, January 20, 2022

memahami bisnis online

 

        Memahami Bisnis Online (Daring)

a. PENGERTIAN BISNIS ONLINE 

Bosnia Daring adalah Bisnis yang dalam proses produksi, distribusi, pemasarn, penjualan, dan pengiriman barang jasa menggunakan Teknologi informasi yang terintegrasi (World Trade Organization, 2016)

Bisnis daring bisa dilakukan bleh individu-individu, dimanapun, kapanpun dengan modal meiliki pengetahuan dan keampuan yang cumul sera bisa terhubung dengan internet.

PEMASARAN DARING (ONLINE)

Pemasaran internet atau pemasaran berbasis internet bisa diartikan sebagai penggunaan internet bisa diartikan sebagai penggunaan internet dan teknologi digital yang berhubungan untuk mencapai tujuan pemasaran dan mendukung konsep pemasaran modern. Teknologi ini termasuk media internet dan media digital lain seperti cable dan satelit bersamaan dengan hardware dan software yang memungkinkan pengoperasian dan penggunaannya (Chaffey, 2000).

MARKETING MIX

  1. Produk (Product)
  2. Harga (Price)
  3. Promosi (Promotion)
  4. Tempat (Place)

b. Manfaat Bisnis Online

Pemasaran melalui internet tau yang banyak dikenal dengan bisnis Daring memiliki banyak manfaat dan keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki pemasaran luring.

3 JENIS SALURAN DALAM PEMASARAN BISNIS DARING 

  1. Komunikasi (Communication)
  2. Transaksi (Transaction)
  3. Distribusi (Distribution)

Komunikasi (Communication)

Komunikasi merupakan bagian penting dalam pemasaran. Komunikasi pemasaran yang efektif akan membantu mencapai target-target yang telah direncanakan perusahaan.

Transaksi (Transaction)

Proses transaksi yang terjadi pada pemasaran Daring memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan transaksi yang dilakukan secara Luring , sehingga transaksi Daring bisa lebih efektif dan efisien unduk perusahaan.

Distribusi (Distribution)

Proses ditribusi produce pada pemasaran Luring memiliki tahapan yang lebih lamma dibandingkan dengan tahapan distribusi pada pemasaran Daring. Hal ini terjadi Karena proses distribusi Luring melalui beberapa proses pengiriman. Sementara distribusii pemasaran Daring bisa langsung antara producen kepada consumen.

c. KOMPONEN BISNIS ONLINE

Komponen bisnis Daring yang harps diperhatuikan utamanya ole perusahaan-perusahaan yang ingin memenangkan pertarungan di dunsa Daring tau ingin tetap eksis di era digital. 

DATA 

Pengertian Data adalah fakta berupa Teks, Angka, gambar, kombinasi Teks dan angka serta gambar (gambar 2 dan 3 dimensi), bahkan bisa berupa video (audio visual). Pada proses pemasaran Daring data menjadi unsur penting yang selanjutnya akan diolah menjadi informasi bagi user atau pengunjung. Itulah sebabnya dikalangan web masterdikenal istilah “Content is King” didalam dunia Daring, seperti di dunia Luring dikenal “pembeli adalah raja”.

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

Perangkat Lunak (software) yang digunakan dalam pemasaran Daring bisa dijumpai atau bisa didapatkan di dunia maya secara gratis (free of charge) atau berbayar. Software yang ada bisa dipelajari dengan mudah oleh siapapun. • Beberapa software yang mendukung untuk keperluan pemasaran Daring diantaranya software untuk desain website seperti Dreamweaver , software untuk browser internet seperti Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer dan lain sebagainya.

KEAHLIAN (SKILLS)

a. Desain Website (Website Design) 

b. Blog

c. Optimasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization) 

d. Pemasaran dengan Surel (Email Marketing) 

e. Jejaring Sosial (Social Media) 

f. Analisis(Analytics)

JARINGAN (NETWORK)

Proses pembuatan jaringan bisa dengan cara menambah jaringan web dengan cara mengunjungi web yang relevan, dan bisa juga dilakukan dengan bertukar link atau juga bisa dilakukan dengan membeli link (tidak direkomendasikan). • Pembuatan jaringan melalui jejaring sosial bisa dilakukan dengan cara membuat akun Facebook, Twitter, Google+, dan lain sebagainya.

d. CARA KERJA BISNIS ONLINE

Ada 4 (empat) tahapan yang harus diperhatikan dalam pemasaran Daring sehingga hasil yang didapatkan akan optimal

1. Perencanaan Web

Web direncanakan dari awal untuk digunakan sebagai media pemasaran Daring dengan tujuan yang jelas dan target yang jelas. Selanjutnya adalah membuat perencanaan dengan menggunakan analisis yang tepat dan membuat taksonomi web.

2. Pembuatan Web 

Proses pembuatan web harus dilakukan dengan benar, yaitu menggunakan taksonomi dalam pembuatan struktur navigasinya (menu) dan memperhatikan layout web serta tampilan yang disukai pengunjung.

3. Konten Web 

Konten web harus dibuat menggunakan teknik optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization/SEO) sehingga konten akan disukai mesin pencari. Proses pembuatan konten web seperti anda menulis di dunia Luring, tapi disisipkan kata kunci (keyword) didalamnya.

4. Pemasaran Web

Pemasaran web dilakukan dengan menggunakan metode pemasaran Daring, diantaranya menggunakan SEO on Page dan SEO off page

No comments:

Post a Comment

Dampak Krusial Media Sosial Terhadap Degradasi Moral    Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini menjadi salah satu alat pemic...