MEREK PRODUK
Apa itu Merek?
Cara membuat merek dagang yang menarik
1. Sederhana
Dimulai dengan saran nama merek yang sederhana dan original akan lebih mudah dihafal oleh masyarakat dibanding dengan nama yang berbelit-belit.
Misalnya merek deterjen dari unilever yaitu surf, rinso, so klin dan wings hanya menggunakan satu kata.
Buatlah list nama sederhana yg banyak diminati dalam 1 lembar di microsotf excel sehingga lebih memudahkan Anda.
2. Nama unik
Unik berarti khas dan tidak dimiliki oleh yang lainnya. Ini juga berlaku dalam penamaan merek agar tidak sama seperti merek milik orang lain. Lalu seperti apa nama merek unik itu?
Nama merek yg gampang diingat oleh konsumen adalah nama yang unik. Selain sederhana, nama dengan tema unik harus dipersiapkan agar terhindar dari kesamaan nama produk dengan perusahaan lain.
3. Mudah diucapkan
Meskipun nama merek sudah simple dan unik namun sulit diucapkan maka akan percuma. Cara membuat merek dengan nama yang terkesan dibuat-buat tidak akan menarik konsumen.
Mereka justru akan mudah melupakan nama merek yang cenderung sulit diucapkan. Dengan demikian, pilihlah nama yang unik namun tetap mudah diucapkan agar tidak membingungkan konsumen.
4. Relevan
Nama trademark yang mau Anda gunakan pada produk harus relevan. Artinya nama merek dengan produk yang dijual harus sama maknanya.
Kalaupun tidak sama, setidaknya nama merek yang digunakan masih berkaitan dengan produk yang dijual. Jangan sampai terlalu jauh maknanya dan membuat konsumen sulit mengenalinya.
Misalnya menambahkan kata “tech” untuk produk teknologi seperti komputer, smartphone dan toko komputer atau HP. Ini akan memudahkan konsumen mengetahui produk apa yang Anda jual.
5. Memiliki slogan
Slogan merupakan kalimat singkat saat produk diiklankan. Slogan sebuah merek seharusnya diciptakan berirama atau bisa pakai musik.
Hal terpenting adalah usahakan memasukkan salah satu kata kunci dalam slogan tersebut yang menggambarkan produk ukm Anda. Misal Anda menggunakan kata termurah untuk produk Anda.
Gunakan kalimat atau kata-kata positif dalam membuat slogan merek sehingga dapat memengaruhi emosi konsumen.
6. Memiliki warna yang khas
Perkiraan pemilihan warna juga penting bagi Anda yang sedang membuat merek. Suatu nama merek jika tidak diberi warna akan telihat tidak menarik dan terkesan membosankan.
Penggunaan warna dalam suatu merek juga menandakan kekhasan yang bersifat identik dari produk Anda karena setiap warna punya psikologi atau artinya masing-masing.
Intinya, hal pertama yang harus dipahami oleh pengusaha adalah bagaimanakah cara membuat merek dapat menonjol dan banyak disukai orang.
Salah satunya adalah dengan memilih warna merek yang mewakili produk Anda. Contoh penggunaan warna khas dapat dilihat dari warna merek McD yaitu kuning dan merah.
No comments:
Post a Comment