Wednesday, May 11, 2022

Jenis Uji Pasar

Produk dikembangkan dalam skala penuh hanya setelah uji pemasaran menunjukkan hasil yang positif. Ada tiga jenis uji pasar:

Uji pasar standar

Ini adalah pasar dengan perwakilan kecil (misalnya, satu kota, bukan negara bagian penuh) tempat perusahaan melakukan kampanye pemasaran penuh dan menggunakan audit toko, survei pelanggan, survei distributor, dan metode lain untuk menganalisis kinerja.

Hasilnya digunakan untuk memprediksi performa kampanye skala penuh, menemukan masalah yang belum terpecahkan, memanfaatkan peluang yang belum dimanfaatkan, dan menyempurnakan program pemasaran.

Kerugian terbesar dari uji pasar standar adalah para pesaing mengetahui tentang produk baru dan strategi pemasarannya sebelum peluncuran yang sebenarnya.

Uji pasar terkontrol

Ini adalah tempat pengujian buatan seperti panel toko yang telah setuju untuk membawa produk baru dengan biaya tertentu.

Tempat pengujian buatan ini lebih murah daripada pengujian pasar standar dan memberikan analisis yang lebih cepat (tentang produk dan pesaingnya). Namun, ada risiko persaingan dalam mendapatkan akses ke produk baru.

Uji pasar simulasi

Ini adalah peristiwa di mana perusahaan menciptakan lingkungan belanja dan menganalisis perilaku pelanggan sehubungan dengan produk baru dan pesaingnya. Pasar uji ini juga memungkinkan peneliti mewawancarai pelanggan.

No comments:

Post a Comment

Dampak Krusial Media Sosial Terhadap Degradasi Moral    Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini menjadi salah satu alat pemic...