Wednesday, May 11, 2022

Melakukan Pengembangan Produk

Ada banyak hal yang harus dilakukan pada suatu produk sebelum diperkenalkan ke pasar, dan itu adalah proses pengembangan produk. Ini dimulai dengan peluang pasar yang membentuk dasar ide produk, dan mengubah peluang pasar ini menjadi produk yang sukses adalah inti dari pengembangan produk baru.

Sayangnya, tidak semua orang berhasil melakukannya, dan 95% produk baru gagal. Tetapi sebagian besar dari produk baru ini gagal karena para pengembang meremehkan pentingnya proses pengembangan produk baru dan mencoba mengambil jalan pintas.

Meskipun proses ini berbeda untuk industri yang berbeda, namun menurut Philip Kotler, pengembangan produk baru dapat dengan mudah dipecah menjadi delapan tahap:

  • Pembentukan ide
  • Penyaringan Ide
  • Pengembangan Konsep dan Pengujian
  • Pengembangan Strategi Pemasaran
  • Analisa bisnis
  • Pengembangan produk
  • Pengujian Pasar
  • Komersialisasi

Namun sebelum melanjutkan untuk membahas proses pengembangan produk baru, berikut adalah enam kategori produk baru yang diluncurkan di pasar:

Jenis Produk Baru

  • Produk yang benar benar baru: Ini pada dasarnya adalah produk baru yang belum pernah ada di dunia sebelumnya. Misalnya, peluncuran aplikasi Uber adalah produk baru dunia.
  • Produk Baru ke Perusahaan (lini produk baru): Ini adalah produk baru yang tidak ada dalam portofolio perusahaan sebelumnya. Ini bukan hal baru di dunia tetapi hanya baru di perusahaan dan menambahkan lini produk baru ke portofolio yang ada. Misalnya, jika Indofood membuat shampoo itu adalah produk baru yang dibuat untuk perusahaan.
  • Penambahan lini produk yang sudah ada: Produk ini adalah suplemen untuk lini produk yang sudah mapan perusahaan. Misalnya, rasa baru untuk Colgate adalah ekstensi lini produk.
  • Perbaikan dan revisi produk yang sudah ada: Ini adalah peningkatan yang menggantikan produk saat ini dan memberikan peningkatan kinerja dan / atau nilai yang dirasakan lebih tinggi.
  • Reposisi: Reposisi adalah mengubah citra produk yang ada di depan pasar sasaran yang ada (dan meluncurkannya kembali) atau membawa produk ini ke pasar baru dengan citra baru. Misalnya, McDonald’s diluncurkan di Jepang sebagai Makudonarudo.
  • Pengurangan biaya: Ini adalah produk baru yang memberikan kinerja yang mirip dengan produk yang sudah ada tetapi dengan biaya yang lebih rendah bagi perusahaan.

Proses Pengembangan Produk Baru

Produk baru tidak selalu tentang mengembangkan produk baru ke dunia. Faktanya, menurut Kotler, hanya 10% dari semua produk baru yang benar-benar inovatif dan unik di dunia.

Mengupgrade produk yang sudah ada dan meluncurkannya kembali sebagai produk baru, menambahkan produk baru ke dalam bauran produk yang ada, dan lainlain semuanya merupakan praktik penting bagi perusahaan karena mereka beroperasi dalam lingkungan bisnis yang dinamis di mana kebutuhan dan selera pelanggan, teknologi, dan siklus hidup produk selalu ada. berubah.

No comments:

Post a Comment

Dampak Krusial Media Sosial Terhadap Degradasi Moral    Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini menjadi salah satu alat pemic...